Inilah Komplikasi Diabetes Pada Rongga Mulut

Inilah Komplikasi Diabetes Pada Rongga Mulut - Diabetes merupakan penyakit yang mempengaruhi gula darah atau glukosa di dalam tubuh. Kondisi ini biasanya ditandai dengan adanya peningkatan resistensi seluler terhadap insulin, sampai jadi kadar gula darah akan meningkat serta dapat menimbulkan komplikasi yang melibatkan kerusakan pada mata, ginjal, sistem saraf, sistem vascular, serta beberapa organ tubuh lainnya.

Sayangnya, menurut data yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO), ketika ini penderita diabetes di Indonesia menempati urutan ke-4 alam urutan negara-negara yang memiliki jumlah penderita diabetes mellitus terbanyak di jagat. Nah, salah satu risiko dari komplikasi diabetes sendiri merupakan kesehatan rongga mulut.

Inilah Komplikasi Diabetes Pada Rongga Mulut

Dalam menyambut Hari Diabetes Nasional yang terpuruk Pada tanggal 18 April 2015, Rumah tidak sehat Antam Medika yang berdinas sama dengan Soyjoy beserta Meetdoctor.Com mengadakan seminar perihal  diabetes yang bertema hidup dengan Diabetes, siapa saja Takut? Dalam seminar tersebut dijelaskan perihal  kesehatan rongga mulut yang merupakan salah satu risiko komplikasi dari penderita diabetes.

Hadir sebagai pembicara merupakan drg. Aulia Yudha Prawira SpPerio yang mengatakan bahwa rongga mulut akan semakin buruk bila diabetisi tidak mengerti macam mana cara merawat gigi mereka. Menurutnya, beberapa komplikasi yang muncul di antaranya:

Xerostomia (mulut kering)

Mulut kering merupakan hal yang ter sering dialami para diabetisi. Pasalnya, pada penderita diabetes saliva atau air liur akan sangat berkurang produktivitasnya, maka dari itu mereka mengalami mulut kering.

Burning Mouth Syndrome (rasa mulut terbakar)

Periondotitis (penyakit lanjutan dari gingivitis)

Gingivitis atau gusi berdarah

Oral Thrush

Contohnya merupakan lapisan putih kekuningan pada lidah, tonsil, bersama kerongkongan. Hal ini akan diperburuk jika penderita diabetes tetap merokok. Oleh karena itu, untuk diabetisi yang masih merokok, berhentilah sekarang pula.

Sariawan

Salah satu hal yang sering dialmi oleh penderita diabetes lainnya adalah sariawan. Keadaan ini disebabkan oleh jamur yag berkembang seiring naiknya tingkat gula dalam darah beserta saliva penderita diabetes.

Dental Caries (gigi berlubang

Salah satu hal lain dari diabetes adalah gigi berlubang. Hal ini biasnaya diakibatkan sebab jumlah karies meningkat yang dikarenakan aliran cairan darah mengandung glukosa yang berperan sebagai substrat kariogenik.

Beberapa cara yang dapat dijalankan oleh para penderita diabetes adalah dengan merawat rongga mulut mereka dengan bagus. Caranya adalah dengan sikat gigi minimal 2 kali sehari, yaitu pada ketika setelah sarapan pagi beserta saat akan bobok.

Nah, drg. Aulia menyarankan beberapa hal berikut buat dijalankan oleh penderita diebtes. Di antaranya:

1. Kontrol secara rutin kadar gula dalam darah
2. Kunjungan rutin ke dokter gigi
3. Rajin kontrol sariawan, infeksi jamur, beserta hindari rokok
4. Gunakan dental floss
5. Gunakan pembersih mulut tambahan, tidak perlu setiap hari cukup 3-4 kali dalam seminggu
6. Sikat gigi tepat masa bersama dengan teknik yang benar
7. Jauhi stres dan pola berjiwa yang baik
8. Beritahu dokter bila anda penderita dibetes sebelum melakukan perawatan pada dokter gigi
Walaupun penyakit diabetes bukan penyakit yang dapat disembukhan, namun saudara dapat mengontrol dan tetap sehat dengan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Selainnya, ikuti anjuran dokter mengenai boleh beserta tidaknya sesuatu buat para penderita diabetes. Dengan begitu, anda akan tetap sehat beserta menghindari beberapa komplikasi walaupun dengan status diabetisi. Nah, berjiwa dengan diabetes, siapa takut? (DV)

0 Response to "Inilah Komplikasi Diabetes Pada Rongga Mulut"

Post a Comment

Contact us / Privacy Policy / Disclaimer / DMCA