Cara Mengatasi Osteoporosis secara Alami

Zetroblog.com | Cara Mengatasi Osteoporosis secara Alami  - Hai sobat, kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan membagikan cara atau trik kesehatan, karena sudah lama saya tidak pernah membagikan tentang kesehatan , nah pada hari ini saya akan membagikannya, untuk lebih lanjut. Simak yuk.

Cara Mengatasi Osteoporosis secara Alami

Topik kita pada hari ini ada Cara Mengatasi Osteoporosis secara Alami, pastinya anda sudah tahu kan apa itu Osteoporosis? Kalau belum tahu, biar saya beri tahu sebentar apa sih sebenarnya Osteoporosis itu.
Penyakit Osteoporosis itu adalah dimana tulang manusia (kita) akan menjadi keropos dan rapuh. "Osteo" merupakan tulang, dan "Porosis" merupakan rapuh. Tulang yang biasanya mudah patah akibat Osteoporosis ini merupakan tulang belakang, tulang paha dan tulang pergelangan tangan. Artikel ini juga dapat di sebut dengan Cara Mencegah Osteoporosis secara Alami, Cara Mengobati Osteoporosis secara Alami

Apa sih penyebab dari Osteoporosis ini?

Sebenarnya tulang kita ini tidak pernah diam, melainkan selalu bekerja. Setiap terjadi pembentukan sel baru pada tulang, sedangkan sel yang sudah lama / tua tersebut di buang dari tubuh kita sendiri. Pada masa kita kecil , kecepatan pembentukan pada tulang jauh lebih besar di bandingkan hilangnya sel tulang pada masa kita tua. Akibatnya pada masa anak-anak tulang akan bertambah besar dan panjang. Pada saat kita dewasa, kecepatan pembentukan dan hilangnya sel pada tulang hampir seimbang, sehingga membuat tulang kita tidak tambah besar dan tidak tambah kecil. Namun pada usia melonjak 30 sampai 40 tahun ini, kecepatan pembentukan tulang semakin menurun, akibatnya jumlah sel pada tulang semakin sedikit, sehingga rawan terjadi osteoporosis.

Inilah Cara Mengatasi Penyakit Osteoporosis secara Alami :

Makanan
Negara yang kaya akan komsumsi dan produsen susu seperti negara yang dipimpin oleh Barack Obama kini yakni Amerika serikat justru mempunyai resiko terkena penyakit Osteoporosis yang tinggi, sedangkan wanita yang berasal dari Asia yakni Hongkong yang sedikit memproduksi dan mengkomsumsi susu hanya sedikit (separuh) beresiko terkena Osteoporosis. Kenapa bisa begitu? Salah satu faktor penentunya tidak hanyalah susu, melainkan juga makanan yang kaya akan kalsium, menu wanita asia saran dengan kacang-kacangan (kacang panjang, kacang merah) dan produk lainnya seperti kedelai (tahu, tempe , susu kedelai) yang kaya akan phytoestrogen, estrogen alami yang dibutuhkan tubuh kita untuk mempercepat atau memperlancar penyerapan kalsium yang terkandung. Makanan lainnya yang banyak mengandung kalsium seperti ikan ( teri, rebon ), Sarden dan Mackarel kalengan ( beserta tulang ) dan buah-buah kering, sereal ( havermut, jali )

Menabung Kalsium
Penelitian dari suatu universitas mengungkapkan bahwa menabung atau menyimpan kalsium pada masa kita muda dapat memperkuat tulang dan mengurangi terjadinya penyakit osteoporosis atau patah tulang pada saat penunaan. Mengkomsumsi kalsium tidak akan membentuk pertumbuhan pada tulang, melainkan menambah massa tulang tersebut sampai berumur 30 tahun. Sangat penting untuk penambahan kalsium pada masa anda dewasa, karena untuk mengurangi resiko terkena Osteoporosis atau tulang rapuh, dan mencegah patah tulang. Saat menopause kadar hormon estrogen anda sudah menurun sehingga tulang kehilangan kalsium.

Jadi, bagaimana caranya melakukan menambung kalsium ini? Sangat gampang, anda cukup mengkomsumsi kalsium setidaknya 900 - 1.000 mg perhari. Untuk sumber utama kalsium antara lain, kedelai dan hasil olahannya ( susu kedelai, tempe, tahu ) , sayuran daun hijau ( daun katuk, kangkung, bayam, daun singkong, sawi) susu, ikaln sarden kaleng dan sebagainya.

Suatu studi mengatakan bahwa pria dan wanita yang mengkomsumsi kalsium 760 mg setiap sehari lebih sedikit mengalami patah tulang dibandingkan dengan orang yang biasanya mengkomsumsi kalsium sebanyak 400 mg sehari.

Mengoptimalkan Terapi Hormon Estrogen
Osteoporosis terjadi saat kada
Rapuh tulang terjadi saat kadar estrogen menurun. Dengan meningkatnya usia, tulang akan kehilangan kalsium sehingga tidak padat dan rapuh. Wanita yang menopause beresiko lebih tinggi terkena Osteoporosis karena menurunnya produksi hormon estrogen. Dalam tubuh, estrogen membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga ketika kadar estrogen turun, maka wanita akan kehilangan kalsium tulang dengan cepat.

Penggantian pada sel estrogen dapat memperbaiki pembentukan dan pemadatan tulang sekaligus mengembalikan pada masa pramenopause. Restorasi yang terjadi sesudah menjalani terapi 6 sampai 20 bulan akan berlangsung selama kita menggunakan estrogen.

Bila kita menggunakan estrogen selama bertahun-tahun pada saat masa menopause, kita hanya dapat kehilangan 16 persen kepadatan tulang yang kita miliki pada saat usia 50 dan 80 tahun. Yang artinya kita hanya memiliki kepadatan tulang 22% lebih tinggi daripada yang ada di wanita yang tidak pernah menggunakan estrogen sehingga 73 persen menurunkan resiko terjadi Osteoporosis ( patah tulang ).

Mengkomsumsi Vitamin D
Gizi yang cukup tentunya membantu untuk penyerapan pada kalsium dan menghalangi pencucian dari tulang. Khususnya pada Vitamin D dan beberapa mineral mikro seperti mangan dan boron. Seseorang tanpa memiliki vitamin D yang cukup, pertumbuhan tulang akan lemah dan densitasnya rendah. Sebab, vitamin D bertugas untuk memanfaaatkan susunan yang deposit kalsium dalam tulang agar tulang tersebut padat, masif dan kuat. Sumber vitamin D pada umumnya seperti jenis ikan berlemak, antara lain ikan sarden kelangan, ikan mas, salmon kaleng, serta susu, belut dan telur yang kadar Vitamin Dnya jauh lebih tinggi 10kali lipat kadarnya dalam ikan atau 50 kali dari susu. Yang lainnya vitamin D dapat di tingkatkan dengan berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari , paling sedikit 20 menit. Karena sinar ultraviolet bekerja mengubah provitamin D yang secara alami terdapat pada tubuh kita sendiri menjadi vitamin D yang asli.

Mengoptimalkan kadar mangan.
Seseorang guru besar di bidang gizi yang dari University of Texas, As yang bernama Dr. Jeanna-Graves mengemukkan bahwa setiap wanita penderita rapuh tulang (osteoporosis) pada umumnya adalah mereka yang kadar mangan di dalam darah 1/3 lebih rendah dari wanita yang tidak menderita ( wanita sehat ). Bila zat gizi tersebut dipenuhi oleh tubuh, maka zat tersebut berlomba untuk menyerap asupan kalsium dua kali lipat dari biasanya. Hal ini membuktikan bahwa betapa besarnya peran yang ada di mangan dalam membantu untuk penyerapan kalsium, Oleh sebab itu, ia menyarankan agar kaum wanita untuk mengkomsumsi jus nenas, yang mengandung zat mangan yang sudah lebih siap untuk di serap.

Olahraga
Salah satu mengatasi osteoporosis adalah berolahraga, mulai itu olahraga jalan kaki, lari (jogging), bersepda, yoga, aerobik, taichi atau yang lainnya yang dapat menggerakkan tubuh anda.
Semuanya menekankan tubuh pada bumi sehingga tulang dirangsang untuk menjadi lebih padat.

Demikian ulasan saya tentang Cara Mengatasi Osteoporosis secara Alami, semoga bermanfaat bagi anda semua..!!

0 Response to "Cara Mengatasi Osteoporosis secara Alami"

Post a Comment

Contact / Privacy Policy / Disclaimer / DMCA