Awas, Obesitas Pada Perempuan Mengundang Penyakit Mematikan

    Obesitas atau kegemukan mulai mengalami peningkatan pada era modern sekarang ini. Obesitas tidak mengenal jenis kelamin, baik laki-laki dan perempuan mulai mengalami berat badan yang berlebihan dari ukuran normalnya. Gaya hidup dan perkembangan zaman dituding sebagai kambing hitam atas berbagai kasus meningkatknya obesitas di seluruh dunia. Obesitas tentu memiliki dampak serius terhadap kesehatan tubuh khususnya para perempuan. Lalu, apa saja dampak obesitas bagi para perempuan tersebut...???.

Sahabat, tips kesehatan. Berdasarkan data dari badan kesehatan dunia (WHO), kasus obesitas terus mengalami peningkatan drastis dari tahun ke tahun. Berdasarkan data WHO, pada tahun 2008, para perempuan yang mengalami obesitas menyentuh angka hampir 300 juta jiwa. Masih Menurut WHO, anda di golongkan obesitas jika BMI lebih besar atau sama dengan 30. BMI sendiri merupakan indeks masa tubuh yang dapat dihitung dengan rumus : berat badan di bagi dengan kuadrat tinggi badan dalam meter. Para perempuaan yang digolongkan obesitas sangat beresiko terkena berbagai penyakit yang serius.
"Kasus obesitas pada perempuan akan meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan stroke), kanker payudara, kanker endometrium serta kanker usus besar yang mana merupakan beberapa daftar penyakit mematikan yang menghantui semua penduduk dunia umumnya dan perempuan pada khususnya".

    Obesitas atau kegemukan merupakan ketidakseimbangan energi yaitu kalori yang masuk melalui makanan yang kita konsumsi lebih besar dari kalori yang dikeluarkan oleh tubuh. Ini terjadi karena gaya hidup yang mulai berubah seperti jenis pekerjaan yang mengharuskan banyak duduk, kurang berolahraga serta melahap berbagai makanan tanpa kontrol yang benar. Berbagai pemicu obesitas yang lain seperti mengkonsumsi makanan berkadar lemak rendah namun dalam porsi yang berlebihan, program diet yang salah, berkurangnya jam tidur malam, meminum minuman bersoda dalam jumlah berlebih, makan dengan terburu-buru serta kurangnya asupan cairan tubuh atau air putih yang dibutuhkan oleh tubuh. Semoga tips kesehatan yang mengulas obesitas pada perempuan dapat bermanfaat bagi pembaca. Akhir kata, salam hangat dari penulis.

  Image courtesy of jesadaphorn at FreeDigitalPhotos.net
Sumber : medscape, who, intips-kesehatan.blogspot.com.

0 Response to "Awas, Obesitas Pada Perempuan Mengundang Penyakit Mematikan"

Post a Comment

Contact / Privacy Policy / Disclaimer / DMCA