6 Tanda Ginjal Anda Bermasalah

ZETROBLOG.com - Ginjal bermasalah tentunya membuat penderita itu khawatir ginjalnya, karena Ginjal merupakan organ penting bagi tubuh untuk mengeluarkan berbagai racun yang berada didalam tubuh. Jadi jika ginjal kita bermasalah akan menyebabkan berbagai gejala sistemik yang bervariasi.


Keluhan tersebut timbul khususnya jika penyakit ginjal sudah masuk kedalam tahap lanjut. Sakit ginjal merupakan sebuah penyakit dengan banyak penyebab, diantaranya: sakit kencing manis, tekanan darah tinggi atau sumbatan saluran kencing. Mau tau berbagai gejala sakit ginjal, mari kita lihat apa saja gejala penyakit satu ini.
6 Tanda Ginjal Anda Bermasalah

Inilah 6 Tanda Bahwa Ginjal Anda Bermasalah : 

1. Pucat dan lemas

Ginjal merupakan organ yang bertugas merangsang produksi sel darah merah. Dimana jika terdapat gangguan ginjal, maka dampaknya kepada produktivitas sel darah merah tubuh.

Seorang dengan penyakit ginjal kronik akan mengalami penurunan produksi sel darah merah atau disebut juga dengan istilah Anemia.

Seorang dengan anemia akan mengeluh badan terasa lemas, dan tubuh terlihat pucat.

2. Mual dan muntah

Sempat disinggung sebelumnya bahwa ginjal merupakan organ yang bertugas membuang zat racun dan mengubah berbagai senyawa tubuh, salah satunya adalah ureum.

Jika zat racun ini menumpuk maka akan menyebabkan keluhan mual dan muntah. Hal ini kadang memperburuk keluhan penurunan nafsu makan yang kerap dialami oleh penderita penyakit ginjal. 

3. Sesak Nafas

Ginjal berfungsi untuk mengeluarkan cairan dalam tubuh.
Jika penyakit ginjal berada pada tahap akhir sehingga fungsi ini sudah terganggu, maka tubuh tidak dapat membuang cairan, dan cairan akan tertumpuk dalam tubuh.

Cairan ini dapat menumpuk didalam paru-paru dan menyebabkan keluhan sesak napas dan kesulitan bernapas.

4. Tubuh Bengkak

Seperti penjelasan sebelumnya, pada penyakit ginjal tahap lanjut dapat dijumpai penumpukan cairan.
Penumpukan cairan yang ada karena kegagalan ginjal dalam menjalankan  fungsinya.

Penumpukan cairan ini dapat dijumpai pada berbagai bagian tubuh seperti kaki, perut atau bahkan bengkak seluruh tubuh.

5. Kencing Berkurang

Masih berlanjut dari dampak kegagalan fungsi ginjal dalam mengeluarkan cairan tubuh secara rutin, maka dampak lalinnya adalah berkurangnya frekuensi buang air kecil atau pun jumlah air kencing yang berkurang ketika buang air kecil.

Keluhan ini dapat dijumpai pada tahap akut dan penyakit ginjal tahap lanjut.
Penyakit ginjal tahap lanjut menyebabkan fungsi ginjal menurun sehingga fungsi pengeluaran cairan tubuh berkurang.

6. Pengeroposan Tulang

Ginjal juga berperan dalam menjaga keseimbangan kalsium dalam tubuh.
Jika kalsium tubuh berkurang, maka tubuh akan mengkompensasi dengan pengambilan kalsium dari tulang, dan akhirnya berujung pada pengeroposan tulang (osteoporosis).

Pengeroposan tulang bisa menyebabkan pasien sakit ginjal lebih mudah menderita patah tulang dibanding orang pada umumnya.

Osteoporosis adalah suatu keadaan yang ditandai dengan massa (berat) tulang yang rendah dan kerusakan pada jaringan di dalam  tulang. Pada Osteoporosis, terjadi penurunan kualitas tulang dan kuantitas kepadatan tulang, padahal keduanya sangat menentukan kekuatan tulang sehingga penderita Osteoporosis mudah mengalami patah tulang atau fraktur.


Sumber : klikdokter.com

0 Response to "6 Tanda Ginjal Anda Bermasalah"

Post a Comment

Contact / Privacy Policy / Disclaimer / DMCA